Fakta 3_2

Realitas Substansi RUU Perkelapasawitan

Berdasarkan draft RUU yang telah tersebar luas dan merupakan hasil pembahasan di DPR, terlihat sangat jelas bahwa RUU ini sangat dipaksakan. Diketahui sekitar 80% bab dan pasal yang ada didalam RUU ini merupakan salinan ulang dari UU Perkebunan No. 39 Tahun 2014. Sehingga tidak salah jika dikatakan bahwa lahirnya UU ini sangat dipaksakan untuk memenuhi kebutuhan atau kepentingan segelintir pihak.

Materi yang diatur dalam RUU Perkelapasawitan  sesungguhnya sudah diatur dalam Undang Undang Perkebunan dan Undang Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani serta beberapa undang-undang lainnya. RUU Perkelapasawitan ini tidak mengakomodir putusan Mahkamah Konstitusi dalam pengujian perkara kedua undang-undang tersebut sehingga berpotensi melanggar hak asasi petani yang dilindungi oleh Konstitusi Republik Indonesia, UUD 1945.

Pengagas RUU Perkelapasawitan mengklaim bahwa RUU ini hadir untuk kepentingan nasional serta peningkatan kesejahteraan petani. Tetapi dalam RUU Perkelapasawitan tersebut tidak terlihat secara spesifik hal mengatur tentang petani kecil, justru yang tergambar adalah berbagai dukungan serta kemudahan untuk pelaku usaha. Jika dilihat dari sisi substansi di dalam RUU Perkelapasawitan ini, maka akan dapat dilihat bahwa RUU ini dilahirkan untuk siapa dan untuk kepentingan siapa.

Dukungan luar biasa terhadap pelaku usaha perkebunan sawit pada akhirnya akan semakin memperbesar potensi terjadinya alih fungsi usaha ekonomi berbasis lahan lainnya menjadi perkebunan sawit. Keinginan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dari sektor ini pada akhirnya tidak akan terwujud jika RUU ini disahkan di tahun 2019.

 

(bersambung … )

Petisi Online :

Tandatangani petisi penolakan RUU Perkelapasawitan di sini –>¬†http://change.org/TolakRUUPerkelapasawitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image