Cover Fakta Sawit

Kondisi ketenagakerjaan di sektor perkebunan kelapa sawit Indonesia tengah menjadi sorotan dunia disebabkan banyaknya laporan mengenai pelanggaran hak-hak buruh. Penyerapan tenaga kerja pada sektor perkebunan sawit menghasilkan angka yang cukup besar sperti yang disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri bahwa sekitar 10 juta orang buruh bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit.

Besarnya jumlah buruh yang tergantung pada industri sawit seharusnya menjadi perhatian  para pihak. Dalam rangka itulah, Koalisi Buruh Sawit Indonesia yang terdiri dari organisasi masyarakat sipil dan serikat buruh mengadakan workshop “Mendorong Regulasi Perlindungan Buruh Perkebunan Sawit” pada hari Rabu, 7 Maret 2018 di Jakarta. Workshop menghadirkan 3 orang narasumber yaitu perwakilan dari Kemnaker, GAPKI dan Serikat Buruh.

Koalisi Buruh Sawit Indonesia telah membuat lembar fakta untuk perlindungan buruh kelapa sawit di Indonesia. Lembar fakta tersebut dirumuskan melalui kelompok diskusi terfokus yang melibatkan kelompok masyarakat sipil dan serikat buruh dari lokal dan nasional. Kesimpulan dari Lembar Fakta tersebut adalah kondisi buruk buruh perkebunan sawit di Indonesia disebabkan oleh lemahnya penegakan hukum dan ketiadaan peraturan khusus perlindungan buruh di perkebunan kelapa sawit.

Unduh file Lembar Fakta Perlindungan Buruh Sawit Indonesia –> https://bit.ly/2vo8sCi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *