Sawit Watch Memperkenalkan Metode Pemetaan Desa Dengan menggunakan Drone Kepada Kepala Desa Se Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara

 

Bulungan, 1/8, Proses pemetaan batas desa tertuang dalam aturan Permendagri 45 tahun 2016. Kabupaten Bulungan di Kalimantan Utara merupakan salah satu kabupaten yang akan melakukan pemetaan batas desa di hampir 74 Desa yang ada di Bulungan. Dalam rapat koordinasi terkait RPJMDes dan RKP Kabupaten Bulungan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bapak M. Sattar menyampaikan bahwa peta batas desa itu sangat penting. Beliau selaku kepala dinas mempunyai target sampai akhir masa jabatan saya semua batas desa yang ada di kabupaten Bulungan dapat terpetakan. Persoalan utama yang ada adalah belum ada batas desa yang jelas antar desa. Oleh karena itu, perlu duduk bersama diantara desa yang bertetangga untuk membicarakan hal ini. Tidak hanya aparat desa, tokoh masyarakat perlu dilibatkan untuk menentukan batas desa ini. Sehingga tidak terjadi konflik atau masalah dikemudian hari.

Drone 2

Pada kesempatan ini juga, Pak Sattar memperkenalkan metode pemetaan dengan menggunakan drone atau pesawat tanpa awak. Selain lebih efektif, dengan menggunakan drone kita bisa melihat semua potensi atau pun apa saja yang ada di desa kita dari udara. Jadi bisa lebih detail dalam proses pemetaan desa nantinya.

Astrid Puspitasari, yang mewakili Sawit Watch dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa, pemetaan dengan drone dapat digunakan untuk melihat potensi desa yang ada. Mulai dari hal yang paling kecil sampai yang paling besar. Misalnya untuk menentukan wilayah pertanian, pemukiman baru dapat menggunakan drone untuk melihat lokasi tersebut. Atau hal lain untuk memetakan daerah rawan bencana, itu bisa kita gunakan drone.

Drone 1

Lebih lanjut, Astrid menyampaikan bahwa, proses pemetaan dengan drone bisa menentukan tata guna lahan di desa dan dari situ dapat dibuat satu peta yang bisa diusulkan ke kabupaten sehingga bisa dimasukkan dalam perencanaan tata ruang kabupaten atau pun propinsi. Dengan menggunakan drone, proses pemetaan menjadi lebih cepat dan efektif.

Pengenalan penggunaan drone ini merupakan tindak lanjut dari kerja-kerja Sawit Watch selama satu tahun di Kabupaten Bulungan. Dimana kerja-kerja yang dilakukan Sawit Watch berfokus pada wilayah yang berada di sepanjang aliran Delta Kayan. Pengenalan drone ini sebelumnya oleh Sawit Watch juga diperkenalkan kepada beberapa instansi pemerintah kabupaten Bulungan dengan menggelar pelatihan selama 3 hari.

Rapat koordinasi ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam proses pembuatan perencanaan desa. Hal ini juga berhubungan dengan dana desa yang begitu besar didapat setiap desa. Seperti diketahui, setiap desa di Kabupaten Bulungan mendapatkan kurang lebih dua miliar rupiah sebagai dana desa.

###

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *