Cuplikan Video Kebakaran Hutan dan Lahan 2015 Sawit Watch

 

Kebakaran hutan dan lahan sebenarnya telah menjadi bagian dari sejarah Indonesia. Isu kebakaran lahan dan hutan serta bencana asap di Sumatera dan Kalimantan telah meramaikan headline pemberitaan di pertengahan menjelang akhir tahun 2015 kemarin. Setiap tahun pemberitaan terkait dengan isu kebakaran lahan dan hutan tak pernah habis, di musim kering akibat dari kesengajaan dan kelalaian pihak tertentu ramai dituliskan, lalu mereda di musim hujan, pola yang sama terus berulang setiap tahunnya.

Sawit Watch bersama dengan Singapore Institute of International Affairs memproduksi film pendek ini sebagai bentuk penyadaran publik. Bahwa dari kejadian fenomenal ini sangat merugikan banyak pihak terutama masyarakat yang terdampak langsung kabut asap.

Cuplikan tayangan diatas, memberikan gambaran mengenai dampak dari kejadian kebakaran hutan dan lahan di sejumlah provinsi dalam perspektif masyarakat sebagai korban. Masyarakat dapat disebut sebagai korban, karena mereka terpapar langsung asap dan hampir 600.000 lebih warga yang menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Dalam video tersebut juga terdapat beberapa pengakuan masyarakat mengenai kondisi kesehatan yang mereka rasakan selama periode kebakaran serta bagaimana rasa kesedihan yang mereka alami karena harus merelakan anggota keluarganya yang meninggal akibat paparan asap.

18 tahun sudah kebakaran hutan dan lahan melanda negeri kita tercinta ini. Semoga dengan hadirnya tayangan ini diharapkan agar kita dapat lebih peduli terhadap lingkungan, saling menguatkan dan mengingatkan serta  berjuang melawan kabut asap yang mungkin akan kembali hadir menyapa di waktu akan datang.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam produksi tayangan ini yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

 

###

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *