Tandan Sawit Edisi 6

Editorial

24 September 2014, adalah momentum 54 Tahun lahirnya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) yang kemudian ditetapkan presiden Soekarno sebagai Hari Tani Nasional. Kelahiran UUPA merupakan karya besar para pendiri bangsa sebagai tonggak pelaksanaan reforma agraria yang belum dijalankan oleh Negara hingga hari ini.

Menjelang berkuasanya pemerintahan Jokowi-JK, gerakan reforma agraria kembali menegaskan, bahwa agenda Reforma Agraria adalah Jalan utama untuk mewujudkan cita-cita Republik Proklamasi 1945 menuju kemandirian dan kedaulatan bangsa ini. Pelaksanaan reforma agraria wajib dilaksanakan oleh rezim baru Jokowi-JK demi mewujudkan Indonesia adil sejahtera.

Sepuluh tahun pemerintahan SBY telah mengukuhkan liberalisasi sumber-sumber agraria tanpa batas khususnya tanah dan sumber daya alam lainnya. Ini dikarenakan kekuasaan selama ini gagal menjalankan mandat konstitusi UUD 1945, UUPA 1960 TAP MPR No.IX/2001 tentang Pembaruan Agraria dan Pengelolaan Sumber Daya Alam. Hal ini telah menyebabkan perampasan sumber agraria (tanah, hutan, kebun, tambang, migas, perairan dan kelautan) rakyat oleh korporasi swasta dan asing. Bahkan, pemerintah saat ini, melalui program Master Plan Percepatan Perluasan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (MP3EI) berniat memapankan perampasa tanah dan air milik rakyat dalam koridor ekonomi politik yang kami kutuk.

Saat ini telah terjadi monopoli atas tanah di berbagai wilayah republik. Sebagai conotoh, di sektor perkebunan, puluhan juta hektar perkebunan sawit, karet, kopi, tanaman pangan, buah dll juga terus dibangun di atas tanah-tanah rakyat oleh perusahaan asing dan nasional tanpa pernah berniat membangun perkebunan rakyat. Dari 15 juta perkebunan sawit yang ada di Indonesia, kurang dari 5 persennya yang benar-benar dimiliki oleh perkebunan rakyat.

Konflik agraria mencuat di masa pemerintahan SBY. Tentu saja masalah konflik agraria ini patut diletakkan oleh rezim terpilih Jokowi-JK sebagai masalah nasional yang serius dan sifatnya mendesak untuk diselesaikan program prioritas nasional prioritas, yang pararel dengan pelaksanaan reforma agraria. Sehingga dalam editorial kali ini, tim redaksi menyajikan tema-tema terkait dengan reforma agraria sebagai bagian dari perayaan Hari Tani Nasional. Selamat Membaca.

Salam Redaksi

Silahkan Unduh disini Tandan Sawit No 6 September 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *