Resolusi SW_RT11

Sawit Watch berbicara mewakili anggota RSPO yang sudah mengajukan resolusi ini Sawit Watch, LINKS, PAN-AP, Yayasan Setara. Resolusi ini juga didukung oleh 45 LSM lain dari seluruh dunia, terutama dari Asia. Di depan rapat tahunan RSPO ke 11 soal resolusi sawit watch yang berjudul “Jaminan Keadilan, transparansi & keseimbangan dalam mekanisme pengaduan rspo”

Sawit watch dan lembaga lainnya sudah mengapresiasi mekanisme pengaduan yang telah banyak diperbaiki oleh RSPO yang sekarang terbuka bagi anggota dan non-anggota RSPO. dan sawit watch juga mengakui bahwa prosedur pengaduan, baik untuk semua pihak anggota dan non-anggota.

prosedur telah diperbaiki tahun lalu tetapi sekarang masih ada banyak kasus yang belum diselesaikan, dan ada banyak pihak yang mulai dan telah kehilangan kepercayaan terhadap prosedur ini.

Sawit watch sudah pernah mengadakan lokakarya dengan para pengadu di Asia dan berdasarkan riset Grassroots. para peserta workshop menghasilkan banyak rekomendasi yang cukup lengkap untuk memperbaiki prosedur pengaduan.
Satu hal yang paling utama yang ditemukan dalam lokakarya ini adalah:
Bahwa Executive Boards memerankan banyak peran yang saling berkonflik. EB bisa menjadi pihak yang:
1) Mereka bisa menjadi Complainant dan defendant:
2) Mereka bisa menjadi Complaint Panel dan Appeal Panel, pada saat yang bersamaan.
3) Mereka bisa menjadi Advisor dan Final Decision Maker

Berbagai peran ini saling berkonflik, karena melemahkan keredibilitas, keseimbangan dan transparansi. Maka itu resolusi ini meminta dukungan RSPO untuk meminta EB untuk memisahkan peran-perannya untuk menjamin kredibilitas, keseimbangan, dan transparansi; bukan hanya demi menunjukkan kredibilitas untuk pasar, tapi juga kredibilitas bagi masyarakat, buruh, petani dan sesama pengusaha perkebunan.

 

 

Pada Hari Itu juga 14 November 2013 di hotel santika , medan. Dilakukan pengambilan suara atas resolusi ini. Yang menghasilkan  147 Menerima, 57 Menolak. hasil ini menjelaskan secara langsung bahwa resolusi yang ditawarkan oleh sawit watch, LINKS, PAN-AP, dan Setara beserta dukungan 45 lembaga lainnya mutlak di terima oleh RSPO.

sebagai bentuk nyata bahwa RSPO sudah mulai membuka pintu untuk melakukan banyak perbaiakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *