Kursus Perburuhan Untuk Mahasiswa

Saat ini luas perkebunan sawit di Indonesia mencapai 12 jt ha, diperkirakan sekitar 48 juta orang rakyat Indonesia bekerja di perkebunan, jika mengikuti pernyataan Ikatan Pengusaha Karet Indonesia, bahwa perkebunan mempekerjakan 4 orang untuk 1 ha lahan perkebunan. Negara melalui UU Perkebunan No 18 Tahun 2004, menyatakan pembukaan perkebunan besar-besar untuk miningkatkan taraf hidup masyarakat, untuk meningkatkan devisa negara dan untuk membuka lapangan kerja.

Pada kenyataanya kondisi Buruh di perkebunan-perkebunan Indonesia sangat memprihatinkan, tidak beda dengan Buruh Industri, Buruh perkebunan juga mengalami perlakuan tidak baik dari pengusaha, upah rendah, kondisi kerja buruk, status dan jaminan kerja yang minim. Belum lagi perkebunan merepakan penguasaan teritori, penguasaan lahan ribuan hektar oleh pengusaha, di dalam teri tori tersebut pengusaha memiliki kekuasaan penuh, pesis seperti negara dalam negara. Hal ini mengakibatkan ketergantungan buruh yang sangat tinggi kepada pengusaha.

Tak banyak masyarakat luar perkebunan yang mengatahui kondisi buruh perkebunan. Bahkan ada anggapan bekerja sebagai buruh perkebunan itu kaya, sama seperti pengusaha-pengusaha perkebunan yang beberapa orang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Untuk mendekatkan Kondisi Buruh Perkebunan kepada Masyarakat luar Perkebunan, Sawit Watch, LIPS (Lembaga Informasi Perburuhan Sedane), Indies (Institute National and Democratic Studies), mengadakan Kursus Perburuhan untu Mahasiswa. Kursus ini merupakan salah satu media untuk memperluas pengetahuan Mahasiswa tentang Perburuhan, baik Buruh di Perkebunan maupun Buruh Manufaktur. Dengan mengikuti kursus ini mahasiswa diharapkan memiliki ketertarikan untuk mendalami atau menjadi pekerja perburuhan.

Kursus ini dilakukan tgl 17 – 19 Januari 2013 dengan berlokasi di dua tempat secara bergantian. Tgl 17 Januari 2013 bertempat di Sekretariat Sawit Watch. Dan pada tanggal 18 – 19 Januari bertempat di Sekretariat LIPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image