Proses konsultasi, koordinasi dan konsolidasi para submitting organisations mengenai naskah laporan/submission menindak-lanjuti perkembangan masalah Merauke Integrated Food and Energy Estates (MIFEE).

Jadwal penyampaian laporan bersama adalah tanggal 6 February 2012 mengingat tanggal 31 January 2012 adalah deadline pemerintah Indonesia harus menjawab surat ketua Komite CERD 2 Septermber 2012 agar pemerintah Indonesia menyediakan informasi mengenai MIFEE dengan tanggapan berupa jawaban terhadap berbagai keprihatinan NGOs terhadap proyek MIFEE. Selain itu submission tersebut juga dipersiapkan untuk sidang tahunan Komite CERD. Kalau tidak salah pelaporan 4 tahunan Indonesia jatuh pada tahun 2012 karna tahun lalu Indonesia tidak masuk dalam jadwal pelaporan.

Secara substansi, isi submission masih seputar keprihatinan terhadap MIFEE dan sikap masa bodoh, ngeyel dan keras kepada pemerintah daerah, provinsi dan pusat yang tetap berusaha memaksakan pelaksanaan MIFEE apapun alasannya termasukan penolakan organisasi masyarakat dan keprihatinan NGO. Termasuk menguraikan praktek dan modus operasi proyek MIFEE yang sudah dan sedang berjalan dilapangan.

Melalui laporan ini Komite CERD diharapkan membuat pertimbangan, kesimpulan dan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia sebagai negara pihak sesuai dengan tanggung jawabnya dibawah konvensi Penghapusan Diskriminasi Rasial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *