Memperbincangkan Desa Sejahtera

“Bagaimana kami membuat sejahtera desa kami, sawah-sawah kami terancam oleh ekspansi perkebunan kelapa sawit. Tiap tahun kami menanam padi, kami bukan petani kalau kami tidak menanam padi.” Demikian ungkap Pak Anjur Silitonga, Desa Pematang Lalang, Sumut dalam workshop Prinsip, Kriteria, dan Indikator Desa Sejahtera. Workshop ini adalah hasil kerjasama antara Kelompok Pelita Sejahtera (KPS) Medan, dan Aliansi Desa Sejahtera (ADS) serta melibatkan Aliansi Petani Pangan Sumatra Utara (APP SU) pada tanggal 26 – 27 Juli 2012.

Kegiatan ini adalah konsultasi terhadap konsep desa sejahtera yang digagas oleh Aliansi Desa Sejahtera (ADS). Aliansi ini terdiri dari tiga kelompok kerja (pokja) yakni pokja beras, pokja sawit, dan pokja ikan. Ketiga pokja tersebut diikat dalam satu isu yakni pangan lokal.

Konsep Desa Sejahtera lahir sebagai respon terhadap mulai dikampanyekannya Desa Sejahtera ketika food summit meeting di Nusa Tenggara Timur 2010. Ide Desa Sejahtera ini muncul begitu saja, belum tergali lebih dalam. Alam pikir seorang pengkampanye bagaimana suatu ide dan gagasan dapat diterima dan direspon oleh publik. Ketika gagasan desa sejahtera mulai direspon oleh publik, bagaimana mengindikasikan suatu desa sejahtera. Selanjutnya, Aliansi Desa Sejahtera mulai berbenah dan melahirkan konsep Desa Sejahtera.

Secara singkat, Konsep Desa Sejahtera dapat digunakan oleh masyarakat desa untuk mengevaluasi kondisi kesejahteraan desanya, dimana kondisi kesejahteraan desa saat ini? Dengan mengetahui posisi kesejahteraan desa, maka desa dapat mengidentifikasi agenda-agenda penting yang harus direspon dalam mensejahterakan masyarakat desanya.

Salah satu temuan menarik dalam Workshop tersebut adalah kedaulatan pangan masyarakat Desa Pematang Lalang merasa terancam oleh hadirnya perkebunan kelapa sawit skala besar, dan ternyata tidak jaminan bahwa petani penghasil beras tidak mendapatkan beras miskin (raskin). Beberapa petani beras di Percut Sei Tuan, Deli Serdang mendapatkan raskin. asr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image